Manfaatkan Halaman Rumah

Armada Depot Isi Ulang. Foto Pontianak Post
Armada Depot Isi Ulang. Foto Pontianak Post

TAK punya modal untuk menyewa ruko? Anda bisa menggunakan halaman depan rumah Anda untuk membuka usaha. Seperti yang dilakukan oleh Ahmad (50 tahun) yang memilih membuka depot air minum isi ulang di depan rumahnya, di Kawasan Sungai Jawi Pontianak. Deretan galon-galon memenuhi ruangan tiga kali tiga meter itu.

Usaha air minum isi ulang memang butuh biaya yang tak sedikit. Kebutuhan biaya mencakup tempat dan peralatan dalam proses mengolah air yang higienis. Ini pula yang dialami oleh Ahmad. Modal awal yang keluarkan sekitar dua puluh jutaan rupiah. “Cukup besar modalnya, untungnya dia tidak menyewa ruko, sehingga tidak harus mengeluarkan biaya tambahan. Belum lagi harus menggunakan listrik,” katanya.

Dalam sehari, air yang terjual bisa mencapai  15 hingga 20 galon. Sebab kata dia, pembeli berasal dari masyarakat sekitar saja. “Rata-rata yang membeli disini masyarakat yang tinggal di sekitar sini saja,” ulasnya.

Bahan baku dibeli dari Anjungan. Sementara untuk menjamin kebersihan, lanjut dia harus dijaga sebaik mungkin agar konsumen tidak kecewa. Sayangnya, Ahmad tidak menerima layanan pesan antar. “Karena masih baru, jadi belum bisa layanan pesan antar, kecuali kalau masih dekat-dekat sini, biasanya saya yang antar langsung,” tandasnya.

Pemasangannya MudahDI Pontianak, sudah tersedia beberapa pemasok mesin depot air minum. Salah satunya di Water King, Jalan Gajah Mada Pontianak. Harga yang ditawarkan relatif, dari harga belasan juta hingga dua puluhan juta lebih. Permintaan terus meningkat, bahkan hingga ke luar daerah.

Terdapat ukuran yang berbeda dari mesin depot air minum. Ada yang dua pintu ada pula yang tiga pintu. Proses pemasangannya juga tidak rumit, sebab ada teknisi langsung yang dikirim pemasok tempat Anda membeli, untuk memasangnya.

“Kami punya teknisi sendiri. Nanti dia yang akan mengajarkan cara pengoperasiannya. Tidak susah kok, sehari saja sudah bisa. Tinggal memainkan tombol saja,” papar Erwan Lyven Sjin, Pemilik Water King.

Soal kualitas, tentu kata dia yang malah kualitasnya akan lebih bagus dan lebih lengkap. “Harga tidak pernah bohong ya. Tapi tidak harus beli satu set dulu. Ada juga yang sudah punya tangki dirumah, dia hanya beli mesinnya saja. Itu bisa,” jelasnya yang menambahkan bahwa pembeli juga bebas membeli ukuran tangki yang diinginkan. Tapi rata-rata mereka memilih ukuran tangki 6000 kubik untuk bisnis.

Mesin depot air minum tersebut, lanjutnya terdiri dari filter tabung utama, jumlah standartnya adalah 2 buah. Ada lampu ultraviolet, partisi atau lemari, dan pompa. “Bonusnya itu ada galon, tutup galon, tisu, dan sikat galon,” pungkasny (mrd)

Sumber : Pontianak post Pro Bisnis
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment