banner available

Cara Mencuci Motor dengan Benar dan Bersih

MODAL KECIL:Usaha cuci motor tidak memerlukan modal besar untuk merintis dan membuka jasa tersebut. RAMSES TOBING/PONTIANAKPOST
MODAL KECIL:Usaha cuci motor tidak memerlukan modal besar untuk merintis dan membuka jasa tersebut. RAMSES TOBING/PONTIANAKPOST

Seperti halnya manusia, motor juga perlu dimandikan agar bersih. Tujuan mencuci sepeda motor ialah agar motor menjadi bersih, bebas dari debu dan kotoran. Tapi pada beberapa kasus, mencuci motor dengan cara yang kurang tepat malah membuat cat motor terlihat menjadi kusam. Rajin mencuci sepeda motor dan menjaga kebersihannya juga dapat membuat motor berjalan lancar dan mencegah terjadinya kerusakan.

Perlengkapan apa saja yang kiranya perlu disiapkan agar proses mencuci motor dapat berlangsung dengan lancar. Siapkan motor yang akan dicuci. Siapkan air, dapat menggunakan ember tapi lebih baik jika Anda menggunakan air ledeng dengan slang untuk menyemprot dan mencuci motor.

Siapkan juga beberapa spons halus yang bersih, sikat dengan bulu tidak terlalu kaku, lap motor berbahan chamois, oli pelumas, pembersih rantai motor, sabun atau shampo khusus cuci motor, dan produk pemoles.

Pertama, Semprot atau siram motor dengan air bersih secara merata. Basahi motor mulai dari atas lalu lanjutkan ke bawah. Membasahi seluruh bagian motor sebelum mencuci motor bermanfaat untuk menghilangkan debu yang menempel dan melunakan kotoran-kotoran maupun lumpur membandel yang melekat kuat pada bagian-bagian motor.

Kedua, Siapkan air dalam ember, lalu masukan shampo atau sabun cuci khusus motor. Mulai cuci motor Anda dari atas ke bawah, atau bisa juga dimulai dari depan ke belakang. Pastikan Anda menggunakan produk sabun/shampo cuci motor yang terkenal berkualitas dan baca terlebih dahulu cara pemakaiannya.

Ketiga, Gunakan spons untuk membersihkan motor, mulai dari kepala motor, lampu motor, tebeng motor, body motor, jok motor, hingga sepatbor motor. Untuk noda membandel seperti lumpur yang sudah mengering, Anda dapat menempelkan spons basah pada kotoran tersebut selama beberapa saat untuk melunakan daya tempelnya. Jika dirasa sudah cukup, cobalah untuk menggosok kotoran tersebut agar terlepas. Gunakan spons bersih lainnya untuk membersihkan sisa kotoran dan lumpur yang masih tertinggal.

Perhatian, menggosok dengan paksa kotoran yang masih menempel kuat dapat menimbulkan goresan pada cat bodi motor. Jadi pastikan kotoran yang menempel sudah Anda lunakan dulu agar mudah terlepas dan cat motor tetap terjaga.

Keempat, Selanjutnya ambilah sikat yang bulunya tidak begitu kaku. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas ataupun kuas cat. Mulailah untuk membersihkan daerah shock braker (pegas peredam guncangan) motor Anda, dilanjutkan dengan membersihkan daerah knalpot, dan rantai sepeda motor. Jika sudah, beralihlah untuk membersihkan bagian pelat nomor, sepatbor, turun pada roda. Cuci bersih velg dan ruji-ruji roda motor Anda. Bersihkan pula roda, standar, dan karet pijakan kaki. Hati-hati membersihkan karet pijakan kaki agar tidak robek.

Kelima, Bilas seluruh bagian motor Anda menggunakan air bersih. Dapat disiram menggunakan gayung, atau dapat juga disemprot menggunakan air ledeng. Pastikan sisa-sisa sabun sudah dibilas hingga bersih.Keenam, Jika sudah bersih, biarkan sejenak motor Anda diangin-angin agar motor menjadi kering.

Ambilah lap berbahan chamois, lalu lap seluruh bagian motor untuk menghilangkan bercak-bercak air yang tertinggal dan mengering sehingga body motor Anda mengkilap kembali. Jika dirasa perlu, Anda dapat pula menggunakan semir ban untuk memoles roda Anda agar terlihat hitam seperti baru. Semir ban sebaiknya disemprotkan dulu pada lap pemoles roda, baru kemudian diaplikasikan pada roda depan dan belakang motor Anda.

Perhatian, Jika Anda sedang iseng mencucikan motor di bengkel cucian motor, cobalah amati saat daerah mesin Anda dan kolong motor sedang dibersihkan. Sebagian dari bengkel cucian motor menggunakan sabun cuci piring atau sabun colek untuk membersihkan kotoran pada daerah tersebut.

Memang terlihat efektif dan hasilnya bersih, namun sebenarnya sabun colek memiliki kandungan garam yang dapat merusak cat bodi motor dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan bagian logam pada motor menjadi berkarat. Jadi, hindari penggunaan sabun colek untuk membersihkan motor Anda.

Jangan lupa untuk membersihkan rantai motor dengan pembersih rantai berkualitas baik agar kotoran yang menempel pada rantai motor dapat dengan mudah terangkat. Selain itu, setelah Anda membersihkan semua bagian motor, jangan lupa untuk selalu melumasi rantai motor agar tidak kering karena mungkin saja pada saat mencuci motor banyak pelumas rantai yang luruh selama proses pencucian. (int/berbagai sumber)
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment