banner available

Kesibukan dan Tugas Menumpuk Menjadi Alasan

Jasa pengetikan yang masih menjanjikan. Gambar dari Internet
Jasa pengetikan yang masih menjanjikan. Gambar dari Internet

Zaman semakin maju. Teknologi pun semakin canggih, sehingga pekerjaan yang dilakoni pun semakin mudah. Salah satu contohnya, adalah komputer. Kehadiran perangkat ini membuat pekerjaan orang lebih mudah. Dari awalnya menggunakan mesin ketik sekarang beralih ke komputer.

Selain karena proses pengetikannya cepat selesai, pengetikan dengan komputer juga lebih mudah. Jika ada kesalahan lebih gampang untuk memperbaikinya. Tidak harus mengetik ulang dari awal. Hanya saja tidak semua orang bisa dalam mengoperasikannya. Biasanya orang memerlukan waktu lama untuk mengetik. Ini disebabkan tidak terbiasanya dalam aktivitas mengetik. Ini menjadi satu alasan, tumbuhnya usaha rental komputer dan jasa pengetikan.

Alasan lainnya karena kesibukan sehingga membuat orang sempat menyelesaikan tugasnya. Meskipun peralatan untuk menyelesaikannya sudah canggih dan praktis. Ini menjadi alasan lainnya yang membuat rental komputer dan jasa pengetikan tetap bertahan.

Contohnya Rizky. Pria yang kuliah di IAIN Pontianak ini memang menggunakan jasa pengetikan untuk menyelesaikan tugas-tugas. Dia beralasan tidak memiliki waktu untuk menyelesaikannya. “Karena kesibukan kerja, jadi saya tidak sempat mengetik tugas,” kata dia.

Namun, terlebih dahulu dia sudah menyiapkan bahan yang akan diketik. Mulai dari mengumpulkan bahan dari perpustakaan kampus atau daerah. Kemudian bahan dari internet, dikumpulkannya untuk diserahkan ke jasa pengetikan. “Kalau bahan dari buku, saya fotokopi dulu dan tandai mana yang menjadi bahan-bahan penting untuk tugas. Baru diserahkan ke jasa pengetikan,” ujar dia.

Soal biaya, pria yang tinggal di Kota Baru ini tidak mempersoalkan. Begitu juga lama waktu tugas itu dikerjakan. Biasanya begitu mendapat tugas mata kuliah, dia langsung mempersiapkan bahannya. Sehingga tugasnya bisa segera diselesaikan dan sempat dipelajari hingga mempresentasikan saat berlangsungnya mata kuliah.

Lain lagi dengan Feri. Meski tidak sering, namun dia juga biasanya memanfaatkan jasa pengetikan. Hanya saja itu untuk tugas-tugas yang berat. Seperti proposal atau tugas terstruktur yang jumlah lembarannya lebih banyak dari tugas biasanya. “Kalau banyak, capek juga mengerjakannya, jadi saya kasih ke jasa pengetikan,” kata dia.

Menurut Feri, jika lembaran tugas yang harus dikerjakan itu banyak, maka dia kesulitan mengerjakan sendiri. Dia khawatir tidak teliti dalam mengerjakannya. Akibatnya terjadi kesalahan, baik itu dalam pengetikan atau bahan yang memang sudah disiapkan.

Sama halnya seperti Rizky, dengan menyerahkan ke jasa pengetikan bukan berarti dirinya terima bersih begitu saja. Justru dia harus menyiapkan bahan-bahan yang digunakan. “Saya tidak menyerahkan judul saja dan selanjutnya dikerjakan orang lain. Paling tidak ini hasil karya saya sendiri, yang hanya memanfaatkan jasa pengetikan untuk membantu mengetik saja,” ungkapnya. (mse)

Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment