Lembaran Rupiah dari Rental Komputer

JASA KETIK: Karimah membuka rental dan jasa pengetikan bagi warga yang membutuhkan. Lokasi strategis di dekat kampus merupakan segmen pasar jasa tersebut. HARYADI/PONTIANAKPOST
JASA KETIK: Karimah membuka rental dan jasa pengetikan bagi warga yang membutuhkan. Lokasi strategis di dekat kampus merupakan segmen pasar jasa tersebut. HARYADI/PONTIANAKPOST

Saat ini jarang sekali ditemukan dokumen yang harus dikerjakan secara manual. Ini karena media yang digunakan untuk mengerjakannya sudah berganti. Dari mesin ketik beralih ke perangkat komputer atau laptop. Sayangnya, masih minimnya masyarakat yang memiliki perangkat canggih itu - belum lagi kemampuan mereka dalam mengoperasikannya. Padahal jika dilakukan bisa menghasil pundi-pundi rupian.

Karimah sedang menyelesaikan pekerjaan rumahnya ketika ditemui Probisnis. Maklum sebagai ibu rumah tangga, kesibukan mengurus rumah tetap menjadi tugas utamanya. Kendati demikian dia masih sempat menggeluti usaha di sektor jasa pengetikan dan rental komputer. Rumah Karimah di Jalan Sepakat II, Pontianak Tenggara. Disana juga Karimah membuka usahanya itu. Lokasinya dekat dengan kampus Untan, sehingga tidak sulit mencari konsumen. Ini karena target pasarnya adalah mahasiswa.
Tak ada nama khusus di usaha milik Karimah ini. Nama yang cukup familiar sehingga mudah dikenal pelanggannya. Rental komputer 24 jam namanya. Tidak sekedar nama, rental komputer ini memang beraktivitas selama 24 jam. Selama konsumen masih membutuhkan jasanya, maka rental ini tetap akan buka. Karimah merintis usaha ini sejak tahun 1997. Saat itu komputer merupakan perangkat elektronik yang paling canggih. Wajar saja, “demam” komputer di mana-mana. Namun, harganya yang tinggi membuat tidak semua orang bisa memilikinya.
Tetapi, Karimah memilikinya. Dia tidak hanya menjadikan komputer sebagai barang milik pribadi, tetapi sebagai perangkat yang bisa menghasilkan uang. Kala itu, Karimah menjadi satu-satunya pemilik jasa pengetikan dan rental komputer di kawasan Sepakat II. “Saya melihat usaha lain sudah ada seperti sembako, fotokopi dan lain-lain. Tetapi rental komputer belum ada. Ketika itu harga komputer mahal, di sisi lain kebutuhan mahasiswa untuk mengerjakan tugas cukup banyak. Peluang usaha inilah yang saya tangkap,” jelas Karimah.
Ia menceritakan, ketika merintis usaha ini dia kebanjiran konsumen. Tak hanya siang, bahkan tengah malam ada yang datang dengan berbagai keperluan.  Ada yang membutuhkan jasa pengetikan, hingga memakai komputer untuk mengerjakan tugas.  Rental komputer milik milik Karimah berbentuk kios kecil. Ukuran ruangannya sekitar 4 x 4 dan terletak di samping rumahnya. Ada meja dan beberapa perangkat komputer beserta printer. Di sebelahnya ada lemari dengan rak yang sudah disiapkan sebagai tempat penyimpanan kertas.
Pintu berbentuk rolling door. Warnanya hijau. Jika pintu tertutup, jangan sungkan-sungkan untuk menggedor. Rental ini tetap memberikan pelayanannya. Meskipun tengah malam, karena sesuai dengan namanya 24 jam. Seiring berjalannya tahun, perangkat komputer milik Karimah pun bertambah. Dari pertama buka, hanya satu unit. Satu tahun kemudian menjadi dua unit. Kemudian bertambah kembali menjadi empat unit di tahun 1999. Selanjutnya di tahun 2006 bertambah menjadi enam unit. Tahun berikutnya bertambah menjadi delapan unit. “Sekarang tersisa tiga unit dan ini tetap berjalan. Tapi sekarang, rental komputer semakin banyak,” kata dia.
Untuk jasa pengetikannya, harganya beragam. Tergantung ukuran kertas yang digunakan. Namun harga umumnya perlembar ketikan dihargai Rp 2500. Harga itu sudah termasuk print out. Jika print out saja, harganya Rp 400. Atau hanya sekedar jasa pengetikan, tanpa print out maka harganya Rp 2100.


Tak Hanya Mahasiswa
Lain lagi dengan Rental Komputer dan Jasa Pengetikan M3 Comcell di Jalan Putri Candramidi. Ketika Probisnis datang ke sana, ada beberapa orang yang sedang menyelesaikan pekerjaannya. Ozi, operator di rental ini berbagi cerita bagaimana perjalanan usaha ini. Menurutnya rental ini sudah lama berdiri. Sebagian besar konsumen yang datang adalah mahasiswa. Meskipun ada juga para pegawai atau pekerja swasta yang membutuhkan jasa ini. Meski lokasinya jauh dari kampus, tidak membuat rental ini kesulitan mencari konsumen.
Dalam satu hari, tetap ada pengguna hilir mudik dari rental ini. Mereka datang dengan berbagai keperluan. Dari membutuhkan jasa pengetikan makalah, tugas terstruktur, skripsi dan dokumen lainnya. Atau hanya sekedar print out dokumen.
“Keluar masuk konsumen cukup lumayan. Dalam satu hari lebih dari 10 orang,” sebut dia.
Untuk harganya tidak jauh berbeda dengan rental komputer lain. Tarif ditentukan sesuai ukuran kertas yang digunakan konsumen. Untuk ukuran kertas quarto, tarifnya Rp 2000, HVS Rp 3000 dan A4 Rp 2500. Harga itu sudah termasuk print out dan jasa pengetikan. Jika hanya print out saja, maka tarifnya Rp 500. Atau hanya ingin rental komputer saja, maka tarifnya Rp 3000 perjam. (
Ramses L Tobing)
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment