Penyewaan hingga Jasa Kreasikan Barang

SEWA : Tak hanya menyewakan, Yo’ Organizer juga menjual pokok telok, tempat sireh, kembang manggar dan ragam hantaran lainnya. FOTO : MARSITA/PONTIANAKPOST
 


MELIHAT peluang bisnis barang hantaran ini cukup menjanjikan, membuat Maman Nuryaman berinisiatif membuka jasa wedding Yo’ Organizer tahun 2014 yang beralamat di Jalan Hasyim Ahmad (Perum II) Gg. Majapahit 2 Pontianak. “Ibu saya sudah lama menggeluti usaha barang hantaran ini, bahkan sudah sampai ke Jawa dan Brunai. Biasanya karena ada orang sini yang menikah dengan orang sana, dan membawa adat melayu. Sekarang ini saya yang memanajemennya. Orang pesan lewat saya,” ucap WO yang fokus pada adat melayu ini.

Perlengkapan barang hantaran yang tersedia adalah kembang manggar atau dikenal dengan pokok kurme. Satu pokok ini dihargai Rp 150 ribu. Tetapi ada pula kreasi lain bukan dari kertas yakni dari kain. Kisaran harganya bisa sampai Rp 400 ribu. “Orang biasanya pesan satu pokok, dan lebih sering yang model biasa,” ulasnya. Demikian pula dengan pokok telok. Satu pokoknya dijual dengan harga mulai dari Rp 450 ribuan.

Tetapi sudah lengkap dengan telur dan tempatnya. “Untuk tempatnya itu tidak dijual, cuma dipinjamkan saja,” timpalnya. Keuntungan semakin bertambah, sebab pokok kurme, dan pokok telok ini tidak hanya digunakan oleh mereka yang akan menikah, tetapi juga untuk khataman dan khitanan. Bahkan ada pula pesanan janur yang dibuat dari pokok kurme ini. Selain pokok telok dan manggar, yang bisa menjadi laba adalah wadah bentuk durian, tempat sirih, dan tempat cucur air mawar serta payung untuk pengantin pria. Barang-barang ini disewakan. Masing-masing harga sewanya Rp 50 ribu.

“Saya sudah punya tiga set barang ini. Jadi untuk satu minggu minimal ada tiga orang yang bisa menyewanya,” jelasnya. Di musim nikah seperti sekarang ini, dalam satu minggu bisa disewakan kepada lebih dari tiga orang. “Orang menikah itu khan kadang ada yang Jumat, Sabtu, dan ada yang Minggu. Nah kalau masih dalam kota, kita bisa bikin janji habis pakai, langsung balikkan hari itu juga. Jadi perputarannya bisa ke banyak orang,” kata dia.

Keuntungan juga bisa Anda peroleh dengan membuat kreasi barang-barang hantaran, mulai dari baju, pakaian dalam, hingga sepatu dan sandal. “Kami biasanya mengkreasikan ini dengan beragam model, seperti model bebek, ayam, ular, dan angsa serta kapal. Satu barang yang dikreasikan tersebut dikenakan biaya upah dan bungkusnya Rp 45 ribu. Tapi paling lama itu barang dikasih ke kita 3 bulan sebelumnya, paling cepat 1 bulan sebelumnya. Sebab ada proses memberikan mata, ada juga yang harus dijahit,” pungkas dia. (mrd) 
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment