banner available

Rupiah di Cucian Sepatu

Bisnis cuci sepatu yang menjanjikan. Gambar dari Internet
Bisnis cuci sepatu yang menjanjikan. Gambar dari Internet

Bisnis sektor jasa tidak ada matinya. Semakin hari orang semakin sibuk, sehingga membutuhkan orang lain untuk dimintai jasa dalam berbagai hal. Makin hari makin spesifik jasa yang ditawarkan. Kini bermunculan tempat usaha pencucian sepatu di Pontianak. Tarifnya cukup tinggi. Pelaku usaha meraih omzetnya lumayan.
KAFE Country, sebuah kafe bergaya country, dengan dominasi ornamen dari bahan kayu di Jalan Putri Candramidi, Pontianak tampak ramai oleh para konsumennya, saat Pro Bisnis berkunjung ke sana. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak muda. Banyak diantara mereka yang datang bukan hanya untuk sekadar nongkrong, tetapi juga menitipkan sepatu kesayangannya untuk dicuci.

Ya, Kafe Country juga membuka usaha jasa shoes clinic, tempat pencucian sepatu atau laundry. Sebuah meja tinggi dan rak-rak sepatu di sekitarnya berdiri tepat di depan pintu kafe tersebut. Hampir semua sepatu bermerek top. Hal itu menambah kesan unik kafe tersebut. Cukup menarik perhatian orang-orang yang berkunjung ke sana. Outlet laundry sepatu tersebut baru dibikin tiga bulan lalu.

Owner Kafe Country, Ryan Satriadi mengatakan, dirinya tertarik membuka usaha pencucian sepatu tersebut lantaran punya pengalaman pribadi. Menurutnya, mencuci sepatu sangat berbeda dengan mencuci pakaian. Dirinya pernah mencuci sepatu dengan mesin cuci, namun ternyata sepatu tersebut malah rusak. Selain itu, dirinya juga sering mendengar keluhan dari orang-orang tentang sulitnya mencuci sepatu, terutama untuk bahan kanvas dan kain.

Menurut dia, membersihkan sepatu tidak bisa disamakan dengan mencuci baju. Karena mulai dari sabun hingga sikat harus mempunyai spesifikasi khusus. Sepatu itu luar biasa kompleksnya, ada bagian yang kecil itu bersihinnya pakai sikat yang kecil, bisa menggunakan beberapa sikat yang berbeda. Selain itu, tidak semua bagian dari sepatu boleh disikat. Lantaran prosesnya yang banyak, waktu pengerjaannya cukup lama.

“Dari situ saya berpikir, kenapa tidak bikin laundry sepatu saja. Pasarnya sangat besar, karena semua orang tentu punya sepatu. Apalagi di kota-kota lain, seperti Bandung dan Jakarta usaha ini cukup berkembang. Akhirnya saya putuskan untuk bikin usaha ini, dan ternyata sejauh ini menguntungkan,” kata dia.

Laundry sepatu ini juga dikombinasikan dengan usaha kafenya. Sehingga kini, dalam satu tempat Ryan punya dua lini bisnis. Banyak dari pengunjung kafe tersebut yang turut menjadi konsumen jasa laundrynya. Kini, dia sudah punya dua karyawan khusus untuk usaha laundry sepatu.

Tidak hanya Ryan yang punya ide sejenis. Di berbagai tempat di Pontianak, juga mulai bermunculan usaha yang mirip. Ada laundry sepatu bernama Shoeslicious di Jalan Pancasila. Meskipun demikian, jasa ini belum sebanyak laundry pakaian. Padahal pasarnya sama besar dengan laundry pakaian, mengingat semua orang minimal punya sepasang sepatu di rumah. Peluang bisnis di bidang ini sangat terbuka. Modalnya relatif kecil, namun menjanjikan keuntungan lumayan. (**)
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: