banner available

Usaha Sampingan Minim Modal

Gambar dari peluangusaha.kontan.co.id6
Gambar dari peluangusaha.kontan.co.id6

Perusahaan penyedia layanan pembayaran listrik, penjualan token, pulsa dan tiket angkutan transportasi semakin banyak. Mereka mencari agen untuk menjadi PPOB berjalan. Bisnis ini pum menjadi penghasilan sampingan yang menjanjikan untuk banyak orang.

Salah satunya adalah Diah Wijayadi. Karyawan sebuah perusahaan swasta di Pontianak ini awalnya mengaku menjalankan bisnis ini hanya untuk sampingan. "Saya belum siap berbisnis dengan modal besar. Makannya coba-coba dulu ini. Investasi tidak sampai satu juta rupiah sudah bisa ambil member dan deposit. Ternyata, hasilnya menguntungkan. "Memang tidak besar. Tetapi lumayanlah untuk jajan," sambungnya.

Bisnis ini tidak menggunakan kantor atau tempat. Hanya berbekal aplikasi di handphone atau via sms dan telepon, dia melakukan transaksi dengan para pelanggan. Kebanyakan konsumennya adalah teman, keluarga dan tetangga. Namun belakangan konsumennya semakin banyak, lantaran para pelanggan lamanya banyak yang mempromosikan dan merekomendasikan namanya.

Hanya saja, kata dia, melakukan bisnis ini harua berhati-hati. Pasalnya, transaksi kerap terjadi dengan piutang lantaran pembelian tanpa tatap muka. "Banyak yang beli pulsa atau token lewat telepon atau sms. Kita belikan demgam deposit yang ada dulu. Tetapi mereka bayarnya belum. Kan jadi piutang," ucapnya.

Piutang ini, sebut dia, berbahaya apabila tidak dibayar. Pasalnya,  keuntungan dari transaksi sendiri kecil. Sehingga kerugian yang ditimbulkan dari piutang tak terbayar itu sangat besar. "Uang tidak berputar karena menunggu piutang itu," pungkasnya. (ars)
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment