Warung Game Online Masih Diminati

TETAP RAMAI : Suasana di VIP Cyber di Jalan H. Abbas. Meski mengalami penurunan pelanggan karena maraknya game di smartphone, namun tak sedikit konsumen yang masih memilih mengunjungi game center untuk memuaskan hasrat bermainnya.  MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST
TETAP RAMAI : Suasana di VIP Cyber di Jalan H. Abbas. Meski mengalami penurunan pelanggan karena maraknya game di smartphone, namun tak sedikit konsumen yang masih memilih mengunjungi game center untuk memuaskan hasrat bermainnya.  MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Bisnis hiburan seakan tak ada matinya. Manusia sebagai makhluk yang butuh refreshing  membuat usaha yang berkaitan dengan hiburan tumbuh, terutama di kota-kota besar, dimana tingkat stress begitu tinggi. Hiburan yang masuk ke semua usia adalah permainan video game. Pusat-pusat permainan bermunculan.

Pusat-pusat permaianan di Pontianak dari dulu selalu penuh, terutama pada hari-hari weekend. Di Ayani Mega Mall misalnya beberapa pusat permainan waralaba seperti Funstastion, Amazon dan lainnya dikunjungi oleh orang-orang beragam usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak pula ruko dan kios yang mengkhususkan diri menyediakan perangkat game, terutama game konsol seperti Sony Playsatiton atau game online dengan perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Jenis usaha permaianan yang disebut terakhir ini punya segmen tersendiri. Banyaknya game online yang ada saat ini seperti memanjakan para maniak game online. Menjalankan usaha ini tidak cukup sulit. Fasilitas jaringan yang baik dan sumberdaya atau operator yang handal untuk menjalankan game-game tersebut bisa dijangkau oleh setiap orang. Apalagi jenis dan para peminat game online terus bertambah.

Berbeda dengan game konsol yang pemainnya tidak bisa berjauhan dan terbatas pada beberapa orang saja, Game online PC menjanjikan hal yang lebih kompleks. Para pemain bisa bermain menggunakan dua player dengan jarak yang jauh dan hanya terhubung dengan games. Jadi meskipun berjauhan dengan teman seperjuangan atau bermusuhan dalam bermain game, hal semacam ini tidak akan menjadi hambatan. Mereka tetap bisa bermain dengan adanya game online yang bersifat menghubungkan.

Selain itu, ada ribuan jenis game online yang bisa dipilih untuk dimainkan, seperti khususnya untuk PC seperti games sepak bola, balapan, tembak-tembakan, adventure dan masih banyak lagi. Sehingga pemain juga dapat memainkan semua game itu bersama dengan teman-teman di seluruh dunia. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi banyak orang untuk membuka layanan game center.

Salah satu pusat game online terbesar di Pontianak adalah VIP Cyber di Jalan H Abbas. Dalam sebulan game center dengan jumlah personal computer mencapai 87 unit ini mampu meraup Rp 30 - 50 juta. Namun, diakui pemilik VIP Cyber, Gowin Jaya, jumlah itu tak sebesar dulu, ketika smartphone dan paket-paket internet seluler murah bermunculan. “Game online masih ada peminatnya walaupun tidak sebooming dulu.

Karena untuk game tertentu memerlukan grafis 3D  berat,  yang belum muncul versi smartphone-nya. Selain itu game-game tertentu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Banyak gamers yang masih butuh game center,” katanya kepada koran ini.

Disebutkan dia, walaupun saat ini produk-produk broadband baik jaringan kabel maupun selular tak semahal tahun-tahun lampau, banyak orang yang masih memilih mengunjungi game center untuk memuaskan hasratnya. Selain itu mereka juga ingin bersosialisasi dengan para gamers lain di dalam suatu tempat. Walaupun kebanyakan gamers yang datang adalah berasal dari usia tanggung, Gowin mengatakan banyak juga orang dewasa yang datang ke tempatnya.

Internet Wajib Kencang Hal serupa diungkapkan Saputra Wijaya, salah seorang pengelola game center di Jalan Tanjung Raya II mengatakan hal yang sama. Bisnis game online masih diminati oleh banyak orang, walaupun segmennya menyusut.

Namun, di sisi lain, kata dia saingan bisnis ini mulai meluas. “Banyak tempat yang dulunya warnet, sekarang buka juga game online. Karena internet sekarang kan semakin mudah, pangsa warnet berkurang,” sebut dia.

Bisnis ini memerlukan tempat yang cukup luas. Selain itu cukup penting adalah instalasi jaringan internetnya yang wajib kencang atau produk premium. “Gamer paling tidak suka kalau internet lelet,” katanya. Hambatan dalam bisnis ini terbilang minim, selain memang kita butuh modal yang besar, tambahnya. *

Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment