Tawarkan Laundry Sofa, Karpet dan Springbed

PENYETRIKAAN: Pekerja sedang menyetrika sebagai proses yang ditawarkan dalam jasa loundry. HARYADI/PONTIANAKPOST
PENYETRIKAAN: Pekerja sedang menyetrika sebagai proses yang ditawarkan dalam jasa loundry. HARYADI/PONTIANAKPOST

USAHA laundry kian tumbuh bak jamur di musim hujan. Tak heran, karena kesibukan yang padat membuat orang-orang memiliki keterbatasan waktu mencuci pakaian. Usaha yang terus tumbuh membuat persaingan antar pelaku usaha semakin ketat. Perang harga pasti terjadi. Pelayanan dan kualitas diutamakan agar konsumen tetap bertahan dan terus bertambah.

Selain itu, penawaran jasa laundry pun beragam. Mulai dengan  harga kiloan hingga satuan. Sekarang tidak hanya baju yang membutuhkan jasa laundry. Justru sudah merambah ke sofa, karpet dan springbed. 

Inilah yang dilakukan Sumarwanto, pemilik Zona Sehari. Anto beralasan tidak banyak laundry yang menawarkan jasa ini. Sehingga menjadi peluang bagus untuk menghasilkan rupiah. Perang harga pun tidak akan terjadi. “Usaha di sektor ini perkiraan hanya sekitar lima orang saja. Apalagi untuk laundry sofa dan karpet, hanya beberapa saja. Bahkan laundry yang terima tetap mengoper orderannya ke saya,” jelas dia.

Anto berani membuka penawaran itu karena dia memiliki kelengkapan peralatan. Mulai dari mesin khusus penggering karpet, serta oven itu sofa dan springbed. Tingkat kekeringanya dijamin 100 persen. Sehingga kondisi cuaca pun tidak menjadi alasan jika barang yang diorder tidak kering.

Rentang waktu yang pengerjaan hingga selesai tergantung dari orderan yang masuk. Untuk karpet misalnya. Pencucian bisa saja satu hari. Jadi begitu diantar hari ini, maka besok sudah siap antar. Sedangkan untuk sofa dan springbed, lama waktunya satu hingga empat hari.

“Ketepatan waktu itu yang menjadi nilai penting. Kami pun tidak bergantung cuaca, karena sudah memiliki mesin pengering. Baik itu untuk sofa atau springbed dan karpet,” tandasnya.
Soal harga mencapai Rp300 ribu springbed. Sedangkan sofa dan karpet harganya bervariatif. Konsumen tak perlu takut jika harus membayar maha. Pasalnya Anto menawarkan jasa antara jemput gratis. Ini khusus untuk sofa, springbed dan sofa. Namun ada jarak yang ditentukan, yakni 10 kilometer dari tempat usahanya. Jadi jika anda membutuhkan jasa ini, silakan datang ke Zona Laundry.

Pilih yang Rapi dan Bersih

MENCUCI pakaian kotor sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan setiap orang. Sayangnya ada juga orang yang tidak sempat melakukan itu. Pilihan lainnya, pakaian kotor harus dibawa ke laundry untuk dicuci. Namun seseorang harus selektif memilih laundry yang dipercaya untuk mencuci pakaiannya. Berbagai alasan menjadi pertimbangan. Dari kerapian hingga kebersihan mencuci.

Dengan harga yang relatif terjangkau, maka tidak hanya ibu rumah tangga saja yang menjadi konsumen laundry. tetapi juga kalangan mahasiswa, atau pekerjaan kantoran yang tugas di luar daerah. Seperti diungkapkan Nurhayati, warga Jalan Paris II, Kecamatan Pontianak Tenggara. Wanita yang sehari-hari bekerja di lembaga sosial ini kerap menggunakan jasa laundry.

Ini dilakukan karena kesibukan yang sedemikian padat membuatnya tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hanya saja, wanita berusia 25 tahun ini lebih selektif memilih laundry. “Kalau memang hasilnya benar-benar baik, baru saya bisa percaya. Jika tidak maka saya cari yang lebih baik lagi. Sebagai pelanggan, keutamaan saya adalah kerapian dan kebersihan,” kata dia.

Begitu juga yang diungkapkan putri, mahasiswa di Universitas Tanjungpura ini. Meski belum berstatuskan ibu rumah tangga, wanita asal Kabupaten Sanggau ini memilih mencuci pakaiannya di laundry.Alasannya, karena hasilnya lebih bersih dan wangi. Selain itupun dia berkeinginan pakaiannya bisa terawat dan terjaga dengan baik.

“Kalau mencuci sendiri lumayan repot. Belum lagi harus menyetrika. Sementara kalau di laundry, tinggal terima bersih saja. Pakaian sudah disetrika dan wangi. Jadi tidak harus repot-repot lagi,” kata wanita yang tinggal di kawasan Jalan Sepakat II ini. Pada dasarnya pun membuka usaha laundry tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Hanya bermodalkan satu mesin cuci dan ruangan kecil, usaha ini dipastikan bisa berjalan. Jika grafik perkembangannya naik maka tidak menutup kemungkinan usaha ini dibuka lebih besar lagi.

Hanya saja, untuk menjalankan usaha ini pemodal harus tahu jenis-jenis pakaian. Ini dikarekan perlakuan setiap pakaian tidak sama. Jika sembarangan maka konsumen pun kecewa. Akibatnya konsumen lari, usaha pun merugi. Karena itu, diperlukan ketelitian dalam menjalankannya. Contohnya mengecek noda yang meleket di pakaian. Pastikan noda itu hilang, sehingga menuai kepuasan konsumen. Ini salah bentuk kualitas dan pelayanan yang harus dipertahankan. (mse)

 (mse)
Share on Google Plus

About MOMO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. https://amanahmass.com/
    kami penyedia jasa cuci sofa dll

    ReplyDelete
  2. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering

    ReplyDelete